Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Android dan iOS Yang Wajib Kamu Ketahui - (update 2023)

perbedaan hp android dan ios yang wajib kamu ketahui
Perbedaan Android dan iOS Yang Wajib Kamu Ketahui

bewwara - Apakah Kamu tahu perbedaan Android dan iOS? Apakah Kamu tahu kelebihan dan kekurangan dari kedua sistem tersebut? Sebelum memutuskan membeli smartphone incaranmu, mungkin lebih baik harus tahu lebih dulu letak perbedaan antara Android dan iOS sehingga Kamu bisa memutuskan dengan benar sesuai analisa Kamu.

Android dan iOS adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk menjalankan sebuah smartphone sehingga bisa menggunakan berbagai fitur di dalamnya. Android adalah sistem operasi besutan dari Google yang secara khusus agar bisa kompatibel dengan berbagai merek smartphone yang beredar di pasaran kecuali iPhone, sedangkan iOS adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk keluaran produk Apple termasuk di dalamnya iPhone yang selalu membuat terobosan baru ketika mengeluarkan produk teranyarnya.

Perbedaan Android dan iOS

Kedua sistem ini memiliki penggemar fanatik yang tersebar di seluruh dunia, dan terus bersaing untuk mendapatkan lebih banyak pengguna baru dengan mengedepankan berbagai keunggulan masing-masing. Akibatnya, Kamu yang ingin membeli smartphone menjadi kebingungan memilih sistem operasi yang mana sebagai pilihan utama.

Agar Kamu bisa membedakan kedua sistem ini, berikut akan dijelaskan mengenai perbedaan Android dan iPhone yang wajib Kamu ketahui supaya yakin bisa memilih salah satunya.

Perbedaan Android dan iOS Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Kinerja Sistem Operasi

Untuk mengetahui letak perbedaannya, maka perlu diadakan uji coba kecepatan antara kedua sistem operasi ini sehingga bisa diketahui mana yang paling baik. Pada kesempatan beberapa bulan ke belakang yang di lakukan oleh sebuah perusahaan luar negeri membandingkan kinerja iPhone XS dengan Samsung Galaxy S10 Plus yang sudah ditingkatkan ke Snapdragon 855 dan hasilnya sangat mengejutkan.

Hasil dari perbandingan kedua smartphone tersebut memang sangat tipis, artinya keduanya sama-sama memiliki kecepatan yang bisa diunggulkan. Namun kinerja sistem operasi iOS sedikit lebih baik dibandingkan dengan Android setidaknya dibandingkan dengan spesifikasi yang sama.

Kesimpulan : kinerja sistem operasi, iOS lebih baik dibandingkan dengan Android

2. Modifikasi Tampilan

Dalam hal modifikasi tampilan, Android bisa lebih diunggulkan karena sistem operasi Android bersifat open source sehingga bisa rubah tampilannya baik pada home screen, tema, sampai transisi untuk masuk ke slide berikutnya. Bahkan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, Kamu bisa mengganti tema dengan mudah. Salah satu contoh aplikasi pihak ketiga adalah Apex Launcher.

Untuk sistem operasi iOS, di mana sistem operasi ini bersifat eksklusif sehingga tidak bisa diubah begitu saja oleh penggunanya. Yang bisa Kamu lakukan hanya bisa mengubah wallpapernya saja. Namun jika Kamu ingin sekali mengubah tampilannya bisa dengan melakukan jailbreak. Akan tetapi kekurangannya bisa kehilangan garansi smartphone berbasis iOS.

Kesimpulan : modifikasi tampilan, Android lebih unggul dibandingkan iOS

3. Suku Cadang

Harus kamu ketahui perbedaan Android dan iOS dilihat dari suku cadang karena bagian ini merupakan bagian paling penting. Mungkin Android bisa lebih diunggulkan dalam hal suku cadang , karena suku cadang Android lebih mudah dicari dengan harga yang relatif murah. Sedangkan untuk suku cadang iOS cukup sulit dicari dan harganya cukup mahal.

Sebagai contoh, jika pengguna Android ketika charger bawaannya rusak, maka bisa diganti dengan kabel lain karena sistem Android sudah dibuat universal. Sedangkan untuk iOS, Kamu harus sedikit bersabar karena charger iOS dibuat khusus hanya untuk produk-produk besutan Apple saja.

Kesimpulan : suku cadang, iOS lebih unggul dibandingkan Android

perbedaan hp android dan iphone
Perbedaan Android dan iOS Yang Wajib Kamu Ketahui

4. Kamera

Perbedaan Android dan iOS dari segi performa kamera yaitu dari segi kualitasnya. Android harus bersaing ekstra dengan iOS karena jika Kamu ingin mendapatkan kamera kualitas tinggi setara iOS maka setidaknya Kamu harus membeli smartphone Android pada produk-produk high-end.

Keuntungan bagi pengguna iOS adalah bisa mendapatkan hasil jepretan atau video yang bagus walau dengan menggunakan iPhone jenis lama. Apabila Kamu lebih mementingkan kualitas kamera, maka produk-produk keluaran Apple yang menggunakan sistem operasi iOS bisa menjadi pilihan utama.

Kesimpulan : Kamera, iOS lebih unggul dibandingkan dengan Android

5. Harga

Untuk perbedaan harga sepertinya Kamu sudah bisa menebaknya bahwa smartphone dengan sistem operasi iOS jauh lebih mahal ketimbang dengan smartphone berbasis Android. Contohnya saja salah satu produk dari iPhone yaitu iPhone X dengan ROM 64 GB dibanderol dengan harga Rp. 26 jutaan, dan untuk ROM 256 GB dibanderol dengan harga yang sangat fantastis yaitu Rp. 28 juta.

Berbeda dengan Android di mana dengan harga sekitar Rp. 3 juta hingga Rp. 7 juta sudah bisa mendapatkan smartphone dengan kualitas bagus dan banyak fitur. Namun, Kamu harus lebih ekstra untuk mendapatkannya karena banyak sekali merek yang beredar di pasaran yang bisa membuat Kamu kebingungan.

Kesimpulan : harga, Android lebih unggul dibandingkan dengan Android

Bagaimana? Setelah melihat beberapa perbedaan Android dan iOS di atas apakah Kamu masih kebingungan untuk menentukan memilih smartphone yang akan Kamu beli? Apakah menurutmu Android yang terbaik? Atau mungkin iOS yang terbaik? Semuanya kembali kepada Kamu yang ingin membeli salah satunya.

Namun yang perlu dibatasi di sini adalah membeli smartphone harus sesuai dengan kebutuhan Kamu berdasarkan aktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Untuk artikel lainnya seputar teknologi bisa kamu akses pada menu teknologi beriku ini.

Untuk artikel lainnya seputar smartphone bisa kamu akses pada menu smartphone berikut ini.


Posting Komentar untuk "Perbedaan Android dan iOS Yang Wajib Kamu Ketahui - (update 2023)"