Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Mudah - (UPDATE 2023)

merakit komputer sendiri gaming
bewwara

bewwara.my.id - Apakah Kamu sedang mencari informasi bagaimana cara merakit komputer dengan benar? Apakah Kamu ingin mencoba merakit komputer sendiri di rumah, namun terkendala ketika akan mempraktikkannya? Tenang saja, karena pada pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara merakit komputer dengan benar sehingga Kamu bisa memiliki komputer hasil rakitan sendiri yang Kamu idamkan.

Seperti yang telah diketahui bersama, jika Kamu membeli komputer yang sudah jadi, maka semua komponen di dalamnya merupakan komponen default berdasarkan ketentuan pabrik. Justru yang menjadi letak permasalahannya adalah bisa saja ada sebagian komponen yang mungkin tidak Kamu perlukan. Dengan pemikiran seperti ini, justru sebenarnya Kamu sedang berpikir bagaimana cara merakit komputer sendiri.

Keunggulan dari komputer rakitan buatan sendiri adalah hasilnya bisa lebih memuaskan karena Kamu memilih komponen sendiri sesuai dengan keinginan untuk dipasang di dalam komputer. namun yang perlu ditekankan yaitu, apabila Kamu merakit sendiri di rumah maka harus paham betul cara-cara merakit komputer dengan benar.

merakit komputer dengan mudah
Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Mudah

Merakit Komputer Sendiri

Untuk lebih jelasnya, Kamu wajib ikuti langkah-langkah di bawah ini agar proses perakitan komputer yang dilakukan sendiri bisa berhasil.

1. Persiapkan Semua Peralatan Dan Komponen Yang Diperlukan

Peralatan yang wajib Kamu siapkan untuk merakit komputer adalah obeng, baud, tang, dan peralatan lainnya yang dianggap perlu. Sedangkan untuk komponen komputer cukup banyak yang perlu Kamu siapkan, di antaranya :

  • Casing, adalah bagian luar berbentuk kotak sebagai tempat untuk menyimpan berbagai komponen penting untuk jadi sebuah komputer.
  • CPU, adalah perangkat keras yang bertugas menerima dan menjalankan perintah untuk memproses dat utama.
  • Motherboard, adalah sebuah hardware sebagai tempat untuk menghubungkan komponen-komponen pendukung agar komputer bisa berjalan dengan baik.
  • Heatsink Processor, adalah sebuah perangkat hardware yang berbahan aluminium di mana fungsinya untuk mendinginkan mesin komputer ketika setelah di gunakan.
  • RAM (Random Access Memory), adalah perangkat hardware pada komputer sebagai pendukung utama processor agar bekerja dengan sempurna.
  • Power Supply, adalah komponen utama untuk menyalurkan arus listrik yang masuk ke komputer dari arus AC menjadi DC, begitu pun sebaliknya.
  • Kabel Motherboard, adalah kabel untuk menghubungkan antara motherboard dengan komponen lainnya yang saling berkaitan.
  • Drive, adalah istilah lain harddisk merupakan komponen untuk menyimpan sistem kerja komputer dan file-file penting.
  • VGA Card, adalah komponen untuk membuat grafis layar pada komputer agar bisa membuka file berat menjadi lancar.
  • Monitor, merupakan perangkat di luar komponen yang berada pada casing komputer yang berfungsi untuk melihat semua aktivitas komputer yang Kamu lakukan.
  • Keyboard, adalah alat untuk memberikan perintah dalam bentuk papan abjad.
  • Mouse, adalah alat untuk menggerakkan pointer pada monitor ketika sedang mengoperasikannya.

2. Mulai Merakit Komputer

processor
Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Mudah

a. Pasang Processor Pada Motherboard

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah dengan memasang processor pada motherboard. Agar pemasangannya berhasil, ikuti petunjuk yang berada di pojok kiri bagian bawah tepatnya di dekat processor dan socket.

Untuk memilih motherboard yang baik, ketika sedang belanja di Toko khusus penjualan komponen komputer, Kamu disarankan untuk menanyakan jenis-jenis motherboard yang tersedia lengkap dengan keunggulannya, dengan demikian Kamu bisa menentukan motherboard mana yang bisa Kamu jadikan sebagai salah satu komponen untuk komputer rakitan milikmu.

motherboard
Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Mudah

b. Pasang Motherboard Ke Casing Komputer

Selanjutnya, setelah processor terpasang ke motherboard, Kamu tinggal melakukan pemasangan motherboard ke casing komputer. Adapun caranya sangat mudah sekali, Kamu perlu memasangnya yang disesuaikan dengan posisi port dengan casing.

Posisi processor harus berada di bagian atas sebagai casing tower, agar bisa terpasang dengan benar maka bisa juga melubangi setiap bagian sekrup yang akan ditempelkan ke casing komputer.

heatsink
Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Mudah

c. Pemasangan Heatsink Processor

Heatsink berfungsi untuk mendinginkan processor, Kamu hanya perlu memasangnya pada bagian yang sudah ditentukan. Jika Kamu kebingungan memasang komponen yang satu ini, Kamu bisa membaca buku panduan agar pemasangan bisa berhasil.

RAM komputer
Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Mudah

d. Pasang RAM Ke Socket Motherboard

Pemilihan RAM harus benar-benar tepat sesuai dengan kemampuan processor komputer, utamakan pemilihan RAM harus berdasarkan fungsi dan kegunaannya yang disesuaikan dengan kebutuhan Kamu.

Saat ini secara umum komputer rakitan lebih banyak menggunakan RAM jenis DDR3, akan tetapi jika Kamu bertujuan merakit komputer Gaming maka perlu menggunakan RAM khusus agar menghasilkan performa yang lebih tinggi di atas RAM berjenis DDR3.

e. Pasang Power Supply Pada Komputer

Sebenarnya power supply sudah disediakan pada casing komputer ketika Kamu akan membuat komputer rakitan, namun pada beberapa kasus tertentu, terkadang power supply tidak disertakan pada casing sehingga Kamu harus membelinya secara terpisah.

Merakit komputer untuk power supply biasanya ada petunjuk cara pemasangannya. Oleh karena itu, disarankan agar mengikuti petunjuk tersebut sehingga tidak ada yang salah dalam pemasangannya.

f. Pemasangan Drive

Ketika semua komponen di atas telah terpasang, selanjutnya Kamu tinggal memasang drive, baik drive CD/DVD ROM atau drive harddisk. Adapaun langkah-langkahnya bisa Kamu ikuti berikut ini :

  • Pertama lepas terlebih dahulu penutup depan casing komputer, lalu masukkan CD/DVD ROM drive melalui lubang yang telah dipersiapkan pada bagian casing dan harus dipasang sejajar dengan tepat, lalu kuncilah dengan menggunakan baut yang telah disediakan. Setelah itu hubungkan CD/DVD ROM Drive tersebut pada motherboard dengan menggunakan kabel data dan kabel power sebagai penghubung dengan power supply.

HDD hardisk harddisk
Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Mudah

  • Selanjutnya pemasangan drive harddisk, di mana cara pasangnya harus melalui belakang casing lalu hubungkan drive tersebut pada kabel data motherboard dan kabel power sebagai penghubung dengan power supply.Sebagai catatan, belilah kedua drive ini dengan kualitas dan kapasitas yang cukup tinggi minimal kapasitas penyimpanan 500 GB dan maksimalnya tergantung keinginan Kamu.

VGA Card
Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Mudah

h. Pemasangan VGA Card

Cara pemasangan VCA Card tidak jauh beda dengan cara memasang komponen RAM. Kamu hanya perlu menyesuaikan bentuk dari socket yang menghubungkan ke motherboard.

3. Pastikan Semua Komponen Sudah Terpasang

Setelah semua langkah di atas Kamu lakukan, selanjutnya pastikan periksa kembali komponen-komponen tersebut untuk jaga-jaga jika belum ada yang terpasang atau memasangnya tidak terlalu kuat. Lalu, cobalah untuk mengalirkan arus listrik pada komputer rakitan tersebut apakah arus listrik bisa masuk dengan baik atau tidak. Jika semua sudah siap maka Kamu tinggal masuk ke proses terakhir.

OS sistem operasi
Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Mudah

4. Lakukan Instalasi Sistem Operasi

Ini merupakan langkah terakhir dari merakit komputer yaitu melakukan instalasi sistem operasi. Saran untukmu agar menggunakan sistem operasi original sehingga pada saat komputer sudah nyala dan siap digunakan tidak terkendala dengan lisensi yang wajib Kamu penuhi.

Itulah cara merakit komputer yang bisa Kamu praktikkan langsung di rumah. Satu hal yang perlu diyakini adalah lakukan perakitan komputer dengan tenang dan penuh kesabaran di setiap pemasangan komponennya.

Apabila Kamu belum yakin merakit komputer sendiri, Kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk mendampingimu ketika sedang dalam proses merakit komputer.

Untuk artikel lainnya seputar teknologi, bisa kamu akses pada menu Teknologi berikut ini.

Untuk artikel lainnya yang secara khusus membahas laptop/komputer, bisa kamu akses pada menu Laptop/Komputer berikut ini.

Posting Komentar untuk "Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Mudah - (UPDATE 2023)"