Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hp Yang Baterainya Cepat Habis - 100 % Berhasil

baterai boros
Cara Mengatasi Hp Yang Baterainya Cepat Habis

bewwara - Saat ini, Hp sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang, mulai dari pelajar, pelaku bisnis, hingga yang sudah bekerja. Alasan sederhananya adalah banyak sekali aktivitas sehari-hari yang dilakukan dengan menggunakan kecanggihan Hp. Sebagai contohnya adalah belajar secara Online dengan menggunakan Google Classroom, bekerja dengan menggunakan Office, urusan bisnis dengan menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan, hingga hiburan yang bisa kamu mainkan mulai dari musik, video, dan game.

Dengan seringnya menggunakan Hp, tentu saja konsumsi baterai akan cepat habis, dan mau tidak mau Kamu harus lebih sering charge Hp. Tentu hal tersebut sangat merepotkan, mengingat tidak selamanya Kamu berada dekat dengan sumber listrik. Jika kondisi sedang jauh dari sumber listrik sedangkan Hp sedang lowbat, maka mau tidak mau aktivitas Kamu akan terputus beberapa saat hingga menemukan sumber listrik, akibatnya tentu akan merugikanmu.

Cara Mengatasi Hp Yang Baterainya Cepat Habis

Cara Mengatasi Hp Yang Baterainya Cepat Habis

Untuk mengatasi baterai cepat habis, sebenarnya ada cara yang paling sederhana yaitu ketika akan membeli Hp, usahakan memilih Hp yang memiliki kapasitas baterai besar. Contohnya seperti Samsung Galaxy A12 yang memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh dan Samsung M21 dengan kapasitas baterai yang sama yaitu mencapai 5.000 mAh, sehingga Kamu tidak perlu khawatir baterai lowbat saat digunakan ditengah-tengah aktivitas.

Banyak contoh jenis Hp dengan berbagai merek yang memiliki kapasitas baterai besar, yang perlu Kamu lakukan adalah selektif memilih Hp yang tepat dengan disesuaikan berdasarkan budget yang Kamu miliki.

Kendati demikian, tidak semua orang mampu membeli Hp baru hanya sekedar ingin meningkatkan kapasitas baterai. Maka daripada itu, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi Hp yang baterainya cepat habis. Ada beberapa tips yang perlu Kamu lakukan agar baterai Hp tahan lama, yaitu :

1. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Layar adalah komponen penting pada hp sekaligus menjadi komponen yang menyebabkan baterai cepat habis. Apalagi jika ada fitur refresh rate tinggi, maka baterai menjadi semakin boros dari biasanya.

Adapun cara mengatasi masalah ini adalah tinggal mengatur tingkat kecerahan layar pada bar pengaturan, atau bisa juga dengan mengaktifkan adaptive brightnesss sehingga kecerahan layar akan otomatis berubah berdasarkan kondisi lingkungan.

Untuk refresh rate, di pengaturannya Kamu bisa atur hingga ke 60 Hz saja, dan jangan lupa lebih baik baik hindari live wallpaper untuk mencegah baterai cepat habis dan gunakan wallpaper biasa dengan gambar yang tidak bergerak.

baterai boros
Cara Mengatasi Hp Yang Baterainya Cepat Habis

2. Kurangi Aplikasi Yang Tidak Terlalu Penting

Godaan mengunduh aplikasi-aplikasi yang menarik di Play Store maupun pada App Store memang menjadi hal yang sangat menarik dilakukan, namun siapa sangka jika terlalu banyak aplikasi pada Hp bisa menyebabkan baterai cepat habis. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan seleksi berdasarkan tingkat urgensi aplikasi pada Hp, aplikasi mana yang menurut Kamu harus dipertahankan, dan aplikasi mana yang harus di uninstal.

Sebagai informasi, aplikasi yang terinstal pada hp merupakan kategori yang paling banyak memakan memori internal kedua setelah sistem. Sehingga langkah pengurangan aplikasi merupakan cara yang paling tepat Kamu lakukan.

3. Mode Hemat Daya Perlu Diaktifkan

Memiliki Hp yang usianya sudah lama, perlu melakukan pengaturan lanjutan yaitu bisa mengaktifkan Mode Hemat Daya. Prinsip dari Mode Hemat Daya adalah menekan tingkat penggunaan baterai mulai dari pengaturan layar otomatis, notifikasi belakang layar dari aplikasi-aplikasi yang dinonaktifkan, dan juga mode getar atau silent yang diatur langsung dari pengaturan default Mode Hemat Daya.

4. Nonaktifkan Penggunaan GPS, WIFI dan Bluetooth Jika Tidak Digunakan

Secara umum, sebagian orang tidak akan menyadarinya jika mengaktifkan GPS, WIFI dan juga Bluetooth sebenarnya akan menguras baterai dengan cepat. Hal tersebut dikarenakan ketiga aplikasi bawaan ini berjalan di belakang layar.

Cara menanganinya yaitu jika ketiga aplikasi bawaan ini tidak digunakan sama sekali, lebih baik dinonaktifkan dengan cara masuk ke pengaturan pada bar khusus untuk seluruh pengaturan pada Hp.

Cara Mengatasi Hp Yang Baterainya Cepat Habis

5. Kondisi Charger Hp Rusak

Cara mengatasi Hp yang baterainya cepat habis adalah dengan memperhatikan charger Hp yang kamu pergunakan untuk charging. Mungkin Kamu pernah mengalami kondisi di mana ketika charge baterai bukannya daya menjadi bertambah, tapi justru semakin berkurang. Hal semacam ini diakibatkan dari charger hp yang telah rusak .

Apabila Kamu memaksakan menggunakannya, dikhawatirkan akan bedampak buruk pada penurunan performa baterai hp sehingga lama kelamaan merusak kualitas baterai. Adapun untuk menghindarinya adalah lebih baik membeli charge yang baru dengan membeli yang original sehinnga bisa menjaga kualitas baterai.

6. Aktifkan Mode Airplane Ketika Mendapatkan Sinyal Buruk

Tidak setiap tempat mendapatkan sinyal yang sangat baik, mungkin saja Kamu sedang berada pada lingkungan di mana sinyal tidak bisa Kamu terima secara maksimal. jika kondisi seperti itu, jangan memaksakan hp bekerja keras untuk mendapatkan jaringan, lebih baik langsung gunakan mode airplane, apabila sudah berada di lingkungan yang memiliki jaringan bagus maka bisa dinonaktifkan mode airplane tersebut.

Memaksakan hp mencari sinyal dikala lingkungan yang tidak mendukung, secara otomatis hp akan bekerja ekstra sehingga dapat berpengaruh pada konsumsi baterai akan cepat terkuras habis. Lebih baik pergunakan mode airplane untuk mengantisipasinya agar daya baterai tetap awet.

Itulah beberapa cara mengatasi hp yang baterainya cepat habis, bagi Kamu yang mengalaminya, maka ikuti langkah-langkah diatas. Namun yang perlu kamu ingat adalah selalu bijak ketika menggunakan Hp.


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Hp Yang Baterainya Cepat Habis - 100 % Berhasil"