Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chromebook Google: Laptop Cepat, Simpel, dan Aman

 

chromeebook google
Chromebook Google: Laptop Cepat, Simpel, dan Aman

bewwara - Chromebook Google adalah laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS dari Google. Chromebook OS adalah sistem operasi yang di klaim memiliki kecepatan yang stabil, simpel, dan aman yang dirancang secara khusus untuk bekerja menggunakan aplikasi web dan cloud. Bagi yang penasaran dengan Chromebook Google, berikut ada beberapa kelebihan dan kekurangan Chromebook Google yang perlu Kamu ketahui pada artikel ini yang berjudul Chromebook Google: Laptop Cepat, Simpel, dan Aman.

Kelebihan dan Kekurangan Chromebook Google

1. Kelebihan

  • Melakukan booting dalam hitungan detik dan cepat sepanjang waktu.
  • Memiliki perlindungan virus yang sudah tersedia secara default dan selalu melakukan pembaruan otomatis.
  • Mendukung berbagai macam aplikasi yang berasal dari Google Play Store, bisa menjalankan Microsoft Office, Adobe Lightroom, Netflix, Spotify, dan aplikasi lainnya.
  • Memiliki baterai yang tahan lama dengan desain yang ringan.

2. Kekurangan

  • Dioperasikan tergantung dari koneksi internet untuk menjalankan sebagian besar aplikasi di dalamnya.
  • Tidak kompatibel dengan beberapa perangkat keras dan perangkat lunak tertentu.
  • Ruang penyimpanan internal yang terbatas.
chromebook vs laptop biasa
Chromebook Google: Laptop Cepat, Simpel, dan Aman

Cara Memilih Chromebook Google

Jika dilihat dari kelebihan dan kekurangan yang sudah dijelaskan di atas, lantas bagaimana cara memilih Chromebook yang tepat untuk kamu? Berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti bagaimana cara memilih Chromebook yang tepat:

1. Tentukan kebutuhan dan anggaran yang kamu miliki

Tentukan terlebih dahulu apa tujuan utama kamu menggunakan Chromebook? Apakah untuk urusan pekerjaan, belajar, hanya bermain game, atau sekadar untuk hiburan saja? Selanjutnya perhitungkan pula berapa banyak yang harus Kamu siapkan untuk membeli Chromebook berdasarkan dari tujuan Kamu, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini tentu saja dapat membantu Kamu menentukan spesifikasi dan fitur yang Kamu butuh kan dari Chromebook.

2. Pilih ukuran dan bentuk layar yang sesuai

Chromebook tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk layar mulai dari 10 inci hingga 15 inci. Selain itu ada beberapa produk Chromebook yang dapat diubah menjadi tablet dengan layar sentuh dan keyboard yang dapat dilepas ataupun diputar. Ukuran dan bentuk layar akan mempengaruhi nilai portabilititas, fungsi, dan tentu saja kenyamanan pada saat menggunakannya.

3. Perhatikan prosesor, memori, dan penyimpanan

Prosesor adalah otak dari Chromebook yang menentukan seberapa cepat laptop dapat menjalankan aplikasi tertentu. Memori adalah tempat penyimpanan sementara data pada saat laptop sedang bekerja. Penyimpanan adalah tempat penyimpanan permanen data yang dapat disimpan di laptop.

Semakin tinggi spesifikasi dari ketiga komponen ini, maka semakin baik pula kinerja dari Chromebook. Namun hal ini tentu saja dapat mempengaruhi harga dan daya tahan baterai dari laptop Chromebook pilihan Kamu.

4. Bandingkan merek dan model yang berbeda

Cukup banyak merek dan model Chromebook yang tersedia di pasaran, mulai dari Samsung, HP, Lenovo, Acer, Asus, dan lain sebagainya. Setiap merek dan model memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa mencari tahu kelebihan dan kekurangan untuk setiap produk dengan membaca ulasan yang berasal dari pengguna atau dari seseorang yang ahli mengetahui kualitas dan fitur yang ada pada laptop Chromebook Google.

chromebook vs laptop biasa
Chromebook Google: Laptop Cepat, Simpel, dan Aman
Perbandingan Harga Antara Chromebook dan Laptop Biasa 

Pembahasan lainnya dari artikel Chromebook Google: Laptop Cepat, Simpel, dan Aman yaitu akan menjelaskan mengenai perbandingan harga antara Chromebook dan laptop biasa. 

Chromebook merupakan laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS persembahan dari Google yang dirancang secara khusus sehingga bisa bekerja dengan baik seperti menjalankan aplikasi web dan cloud. Sedangkan laptop biasa hanya bisa menggunakan sistem operasi seperti Windows atau Linux yang mendukung berbagai perangkat keras maupun perangkat lunak.

Dari sisi harga, untuk produk Chromebook dan laptop biasa bervariasi tergantung dari merek, model, spesifikasi, dan fitur yang ditawarkannya. Berdasarkan untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh harga Chromebook dan laptop biasa dari berbagai sumber (update September 2023):

1. Chromebook

  • Samsung Chromebook 4 dengan ukuran layar 11,6 HD kapasitas memori internal 32 GB dan RAM 4 GB. Garansi SEINB Laptop yang dibanderol dengan harga Rp.2.238.999.
  • DELL Chromebook 3100 Touch & Non Touch untuk memori internal 4/32GB menggunakan Intel Celeron N4020 yang dibanderol dengan harga Rp.1.705.000.
  • Asus Chromebook C214MA Touchscreen N4020 dengan RAM 4GB dan memori internal 32GB menggunakan Chrome OS dengan layar 11.6 HD yang dibanderol dengan harga Rp.2.999.000.
  • Lenovo ThinkPad Yoga C13 Chromebook 2in1 Touch Ryzen 5 3500 dengan RAM 8GB dan memori internal berkapasitas 256GB dibanderol dengan harga Rp.5.999.000.
  • Laptop Google Chrome Education Chromebook Lumos – Blue dibanderol dengan harga Rp.1.200.000.

2. Laptop biasa

  • Acer Aspire 3 A315-56-36UT menggunakan Intel Core i3-1005G1/4GB/256GB SSD/Win10 dibanderol dengan harga Rp.5.499.000.
  • Lenovo IdeaPad Slim 3i Intel Core i3-1005G1/4GB/256GB SSD/Win10 dibanderol dengan harga Rp.5.499.000.
  • HP Pavilion Gaming Laptop Ryzen 5-3550H/8GB/512GB SSD/GTX1650/Win10 dibanderol dengan harga Rp.9.999.000.
  • Asus VivoBook S433EA Intel Core i5-1135G7/8GB/512GB SSD/Win10 dibanderol dengan harga Rp.9.999.000.
  • Dell Inspiron 15 3501 Intel Core i3-1005G1/4GB/256GB SSD/Win10 dibanderol dengan harga Rp.6.499.000.

3. Kesimpulan

   Jika dilihat dari beberapa contoh di atas, maka dapat dilihat bahwa harga Chromebook umumnya memiliki harga yang cukup murah dibandingkan dengan laptop biasa walaupun spesifikasi jika dilihat di atas kerta lebih rendah. 

  Hal ini disebabkan karena Chromebook memiliki tampilan dan spesifikasi yang minimal dan mengandalkan ekosistem cloud dari Google sehingga tidak membutuhkan ruang penyimpanan internal yang besar dan prosesor yang kuat. Alasannya Chromebook memiliki ketergantungan harus menggunakan koneksi internet untuk mengoperasikannya terutama untuk sebagian besar aplikasi dan tidak kompatibelnya dengan beberapa perangkat lunak dan keras tertentu.

Jadi, apakah Chromebook lebih murah daripada laptop biasa? Jawabannya tergantung dari kebutuhan dan preferensi Kamu yang membutuhkan. Artinya jika kamu mencari laptop yang memiliki kecepatan stabil, simpel dan aman dan sering menggunakan aplikasi web dan cloud dari Google, maka pilihan jatuh pada Chromebook selain dapat menghemat biaya.

Sebaliknya jika kamu lebih membutuhkan laptop yang fleksibel, multifungsi, dan mendukung untuk berbagai macam aplikasi baik online maupun offline, maka lebih cocok menggunakan laptop biasa ketimbang menggunakan Chromebook.

memasang printer ke laptop
Chromebook Google: Laptop Cepat, Simpel, dan Aman

Cara Menghubungkan Printer ke Chromebook dengan Kabel USB

Pembahasan tambahan mengenai laptop Chromebook yaitu mengenai cara menghubungkan printer ke Chromebook menggunakan kabel USB. Pembahasan ini di sorot dan dibahas pada artikel kali ini karena setiap pekerjaan terutama yang berhubungan dengan dokumen dalam bentuk fisik pasti membutuhkan printer untuk mencetaknya.

Cara yang paling mudah untuk menghubungkan printer ke Chromebook yaitu bisa menggunakan kabel USB. Tentu saja yang paling utama yang perlu Kamu perhatikan adalah printer Kamu harus mendukung koneksi USB dengan Chromebook. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Nyalakan printer Kamu terlebih dahulu kemudian sambungkan ke Chromebook dengan menggunakan kabel USB. Setelah menyambungkan kabel, selanjutnya akan muncul notifikasi di layar. Ikutilah perintah yang muncul pada layar.
  • Buka dokumen atau halaman web yang ingin kamu cetak dengan cara tekan Ctrl + P.
  • Di sebelah Tujuan pilih panah ke bawah. Lalu pilih lebih banyak dan pilih printer yang Kamu gunakan.
  • Klik tombol Cetak. Jika diminta verifikasi untuk memasukkan kode sandi atau ID wajah, silakan masukkan saja.

Chromebook merupakan generasi terbru pada laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS dari Google. Chromebook memiliki kelebihan di antaranya dalam hal kecepatan, kemudahan penggunaan, keamanan, dan dukungan aplikasi. Namun, Chromebook juga memiliki kekurangan seperti ketergantungan internet, kompatibilitas perangkat keras dan perangkat lunak, dan juga ruang penyimpanan internal yang kecil. ‘

Untuk memilih Chromebook yang tepat, maka Kamu perlu menentukan kebutuhan dan anggaran terlebih dahulu kemudian pilihlah laptop Chromebook sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel mengenai Chromebook Google: Laptop Cepat, Simpel, dan Aman bermanfaat bagi kamu.

Untuk artikel lainnya seputar teknologi bisa kamu akses pada menu teknologi berikut ini.

Untuk artikel lainnya seputar laptop/komputer bisa kamu akses pada menu laptop/komputer berikut ini.

 


Posting Komentar untuk "Chromebook Google: Laptop Cepat, Simpel, dan Aman"