Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Hortikultura Yang Perlu Kamu Ketahui

hortikultura
Jenis-jenis Hortikultura Yang Perlu Kamu Ketahui

bewwara - Bagi orang pertanian, istilah hortikultura sudah tidak asing lagi ditelinga. Namun, bagi orang awam tentu saja masih asing di telinga, padahal tanpa disadari dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi standar gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, karena sebagian besar yang dibutuhkan oleh tubuh berasal dari tanaman hortikultura yang beraneka ragam.

Pengertian Hortikultura

Hortikulura adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yaitu hortus dan cutura/colere. Hortus artinya tanaman kebun dan cultura/colere artinya budidaya. sehingga jika diartikan secara sederhana hortikultura memiliki arti budidaya tanaman kebun, yang mencakup pembenihan, pembibitan, pemeliharaan, penanganan hama dan penyakit, panen, dan pasca panen.

Jangan salah mengartikan antara hortikultura dengan agronomi, karena keduanya berbeda dari segi konsep budidayanya. Jika hortikultura yaitu mengusahakan tanaman untuk ditanaman di lahan kebun, sedangkan agronomi mengusahakan tanaman untuk ditanam di lapangan. Selain itu ada khas yang paling menarik dari hortikultura ini di mana sifat yang dimiliki dari produknya yaitu perisabel atau rentan mengalami kerusakan.

Saat ini produk-produk hortikultura termasuk salah satu hasil pertanian yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan karena bisa meningkatkan taraf hidup para petani di Indonesia, mulai dari produk sayuran, tanaman hias, tanaman obat hingga buah-buahan.

Karakteristik hortikultura

Menurut FAO (Food and Agriculture Organization), setidaknya ada beberapa karakteristik tanaman bisa dikatakan masuk ke dalam kategori hortikultura, di antaranya :

  • Memerlukan volume yang cukup besar dalam proses pengepakannya sehingga menyebabkan biaya transportasi cukup tinggi apabila hasil tanamannya akan didistribusikan ke luar daerah. Ini juga yang menjadi salah satu faktor kenapa harga di pasaran cukup tinggi.
  • Budidaya tanamannya menuntut kondisi agroklimatologi yang spesifik sehingga bisa tumbuh dan dapat diambil hasilnya dengan maksimal. sebagai contohnya, jika kamu menanaman tanaman manggis di dataran tinggi tidak akan tumbuh maksimal, namun sebaliknya jika di dataran sedang akan tumbuh dengan sangat baik.
  • Karena ada tanaman yang sifatnya setahun sekali berbuah, maka ada beberapa tanaman yang ketika dibutuhkan di pasaran tidak tersedia. Beberapa contoh tanamannya seperti rambutan, durian, manggis, dan langsat.
  • Tanaman hortikultura mengandung nilai estetika yang cukup tinggi, sehingga mau tidak mau pasar harus memenuhi selera masyarakat agar harga yang ditawarkan sesuai dengan harga pasar pada umumnya.
  • Bersifat busuk untuk golongan tanaman hortikultura tertentu sehingga kegiatan pasca panen harus memenuhi standar yang direkomendasikan agar tanaman yang dibudidayakan memiliki kualitas yang terjaga dengan baik juga dapat menstabilkan harga pasar.

Jenis-jenis Hortikultura

Agar kamu bisa lebih mengenal mengenai tanaman hortikultura, berikut akan dijelaskan mengenai jenis-jenis hortikultura yang di budidayakan di Indonesia, di antaranya :

hortikultura
Jenis-jenis Hortikultura Yang Perlu Kamu Ketahui

1. Tanaman Buah (Frutikultura)

Buah-buahan ternyata termasuk ke dalam salah satu jenis hortikultura, jadi jika kamu mengonsumsi buah apel berarti kamu sedang mengonsumsi salah satu jenis dari tanaman hortikultura.

Secara umum, buah-buahan adalah jenis tanaman musiman di mana akan berbuah ketika saat musimnya tiba dan itu pun tergantung dari jenisnya. Seperti contohnya ada tanaman buah yang hanya dalam masa tanamnya sangat lama berbuah setiap periodenya di mana bisa mencapai 1 tahun sekali, dan ada pula yang berbuah beberapa kali dalam satu tahun berjalan semenjak tanaman tersebut ditanam.

Sebagai contoh untuk tanaman yang berbuah satu tahun sekali adalah rambutan dan manggis, dan untuk tanaman buah yang panen sepanjang waktu adalah tanaman pisang.

hortikultura tanaman sayuran
Jenis-jenis Hortikultura Yang Perlu Kamu Ketahui

2. Tanaman Sayuran (Olerikultura)

Jenis dari hortikultura lainnya adalah tanaman sayuran yang bisa kamu temukan di pekarangan rumah atau yang sedang di usahakan dengan luas lahan tertentu. Dari segi penanamannya, tanaman sayuran bisa lebih diuntungkan karena bisa dibudidayakan sepanjang waktu bahkan bisa mengabaikan musim yang terjadi saat penanaman.

Menarik untuk disimak ketika tanaman sayuran dtanam pada musim yang ekstrim seperti musim penghujan atau musim panas, karena yang perlu dilakukan oleh petani adalah dengan melakukan rekayasa perlakuan agar tanaman yang diusahakan tetap tumbuh dengan maksimal.

Sebagai contoh, jika menanam cabai pada musim hujan, maka kamu perlu mengatur saluran drainase dan penanganan secara preventif terhadap bahaya hama dan penyakit. Sedangkan jika pada musim panas, tentunya harus menyiapkan air yang cukup agar tanaman tidak kekeringan dengan menggunakan sprinkle jika penanaman dilakukan di lahan yang cukup luas, atau bisa juga dengan mengalirkan air pada saluran drainase yang telah dibuat.

Perlu diketahui bahwa ada 2 jenis tanaman sayuran yang sering di usahakan di Indonesia, diantaranya tanaman sayuran yang sifatnya tahunan seperti ubi dan singkong, dan ada juga tanaman sayuran yang dipanen hanya satu kali setiap musimnya seperti wortel, bayam, kangkung dan kacang panjang.

hortikultura tanaman bunga
Jenis-jenis Hortikultura Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Tanaman Bunga (Florikultura)

Tanaman bunga yang sering kamu jumpai di halaman rumah ternyata masuk ke dalam salah satu jenis hortikultura. Banyak sekali ragam bunga yang bisa kamu pelihara untuk dijadikan sebagai hiasan rumah.

Untuk mempercantiknya, kamu bisa menanam tanaman bunga di dalam pot atau bisa juga langsung ditanam di halaman rumah secara langsung dengan menggunakan seni lansekap agar nilai estetikanya bisa terlihat.

Secara umum, tanaman bunga yang dijadikan sebagai hiasan adalah melati, sedap malam, anggrek, hingga kenanga. namun jika kamu ingin memiliki tanaman bunga yang memiliki nilai estetika tinggi bisa mencoba menanam tanaman Aglonema di rumah.

hortikultura tanaman obat
Jenis-jenis Hortikultura Yang Perlu Kamu Ketahui

 4. Tanaman Obat (Biopharmaca)

Tanaman obat sering kali disebut sebagai tanaman rempah karena memilik berbagai macam khasiat yang dibutuhkan oleh tubuh. Secara umum, tanaman obat dapat digunakan untuk kepentingan herbal dan juga untuk bumbu masakan. Adapun contoh dari tanaman obat yaitu lengkuas, jahe, kayu manis, dan temulawak.

Itulah jenis-jenis hortikultura yang perlu Kamu ketahui, semoga dengan informasi yang disajikan pada artikel ini bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Hortikultura Yang Perlu Kamu Ketahui"