Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

sabut kelapa untuk anggrek
Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

bewwara - Bagi para pecinta anggrek, bagian penting yang harus diperhatikan pertama kali dalam budidaya tanaman anggrek adalah media tanamnya, karena dengan menggunakan media tanam yang tepat, maka pertumbuhan tanaman menjadi lebih maksimal.

Cukup banyak media tanam yang bisa digunakan untuk  tanaman anggrek dimana untuk setiap media tanam memiliki kelebihan dan kekurangannya. Salah satu media tanam terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman anggrek adalah menggunakan sabut kelapa dimana salah satu kelebihannya adalah mampu menjaga kelembaban dengan baik.

Sekilas Mengenai Sabut Kelapa

Sabut kelapa atau biasa juga disebut dengan sekam kelapa adalah salah satu bagian dari buah kelapa yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai media tanam. Adapun salah satu tanaman yang paling cocok menggunakan media tanam ini adalah tanaman anggrek, di mana manfaat utamanya bisa menjaga kelembaban dan menjaga tanaman anggrek tidak mudah layu akibat kurang di siram dalam waktu yang cukup lama.

Selain menjaga kelembaban, ada beberapa manfaat lainnya yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat sabut kelapa bagi pertumbuhan tanaman anggrek yang sedang kamu budidaya

1. Menetralkan Kadar pH

Tanaman anggrek membutuhkan pH di kisaran 4,8 – 5,2 agar pertumbuhannya bisa optimal. Oleh karena itu, untuk menjaga pH agar tetap di angka tersebut maka sabut kelapa dapat membantu dalam menjaga kestabilannya.

Di samping itu, penggunaan sabut kelapa membantu menetralkan pH yang kurang menguntungkan bagi tanaman anggrek menjadi lebih cocok bagi pertumbuhan tanaman anggrek.

2. Meminimalisir Leaching Unsur Hara

Pemupukan adalah faktor penting dalam setiap budidaya tanaman yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Khusus bagi tanaman anggrek di mana manfaat pemupukan lebih mengutamakan pada keindahan bunganya, sehingga bisa dikatakan fungsi utama dari pemupukan adalah meningkatkan kualitas bunga yang dihasilkan.

Karena sebagian besar budidaya tanaman anggrek dengan menggunakan sabut kelapa pada pot/polybag, maka pemupukan harus sesuai dengan takaran yang ditentukan dan hindari pemberian unsur hara yang berlebih. Selain tidak baik bagi tanaman, juga secara ekonomis hanya pemborosan saja.

Pemberian media tanam yang tepat akan terhindar dari proses leaching (pencucian) hara akibat dari laju air yang bergerak ke arah gravitasi. Sehingga bukannya menjadi sumber hara yang bermanfaat malah hilang begitu saja.

Oleh karena itu, pentingnya media tanam dengan menggunakan sabut kelapa adalah untuk menahan laju air dan unsur hara agar bisa terserap maksimal oleh tanaman anggrek yang sedang dibudidayakan.


sabut kelapa untuk tanaman anggrek
Menanam Bunga Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

Setelah mengetahui beberapa keuntungan media sabut kelapa untuk tanaman anggrek, selanjutnya kamu perlu tahu cara menggunakannya sehingga anggrek milikmu bisa tumbuh dengan baik. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan mengenai langkah-langkahnya :

1. Menyiapkan Sabut Kelapa

Pertama-tama, siapkan sabut kelapa yang akan dijadikan sebagai media tanam anggrek. Bagi yang mempunyai sabut kelapa sebelumnya, maka pilihlah sabut kelapa yang sudah tua, atau jika tidak memiliki sabut kelapa, maka kamu harus membelinya terlebih dahulu ke toko-toko khusus pertanian.

Potonglah sabut kelapa yang terlalu besar dengan disesuaikan berdasarkan tanaman anggrek yang akan dibudidayakan, atau jika ingin ditanam dalam pot maka harus disesuaikan berdasarkan ukuran pot yang dimiliki.

2. Proses Perendaman Sabut Kelapa

Proses perendaman sabut kelapa dilakukan 2 tahap, di mana tahap pertama sabut kelapa direndam hanya dengan menggunakan air bersih saja, sedangkan untuk tahapan kedua yaitu sabut kelapa direndam dengan air yang sudah dicampur menggunakan larutan fungisida.

Tujuan sabut kelapa yang dilarutkan pada larutan fungisida adalah agar sabut kelapa bebas dari patogen yang bisa menimbulkan hama dan penyakit pada tanaman anggrek, maka proses yang kedua merupakan syarat wajib sebelum memulai menanam anggrek pada sabut kelapa.

3. Mengeringkan Sabut Kelapa

Langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan sabut kelapa yang sudah dilakukan 2 kali proses perendaman tersebut. Adapun ciri sabut kelapa yang siap di gunakan sebagai media tanam adalah kondisi fisik sabut kelapa sudah cukup kering dan dalam keadaan lembap.

4. Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

Cara penanamannya sangat mudah, jika sistemnya dengan menggunakan pot, maka anggrek tinggal dimasukkan ke dalam pot saja, jangan lupa agar diberi arang secukupnya. Setelah itu berilah pupuk untuk menjaga kondisi tanaman anggrek tetap dalam kondisi baik.

Jika ingin menanam anggrek dengan cara di gantung atau di tempel pada pohon di halaman rumah, maka caranya adalah dengan melilitkan tanaman anggrek pada sabut kelapa menggunakan tali. Selebihnya kamu wajib mengatur posisi cahaya matahari jangan terlalu langsung terkena sinar matahari.


menanam anggrek dengan cara digantung
Menanam Bunga Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

5. Perawatan Bunga Anggrek

Cara perawatannya yang pertama adalah dengan rutin melakukan penyiraman yang dilakukan setiap pagi dan sore menggunakan alat khusus seperti emrat atau semprotan kecil sehingga bisa terhindar dari kondisi kekeringan. 

Untuk pemeliharaan sabut kelapa, kamu perlu menggantinya jika kondisi sabut kelapa sudah dalam kondisi lapuk dan tidak layak. Oleh karena itu, persiapan cadangan sabut kelapa wajib kamu lakukan jika suatu saat sabut kelapa yang dijadikan media tanam tersebut sudah tidak layak.

Itulah langkah-langkah cara menanam bunga anggrek dengan media sabut kelapa yang bisa kamu pelajari dan di praktikkan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa"